Penyebab Program Diet Gagal

penyebab program diet gagalPenyebab Program Diet Gagal - Anda sedang Diet? Sudah rutin olahraga, tetapi jarum di timbangan tak mau bergerak ke kiri? Pertanyaan ini memang seringkali terlontar khususnya untuk mereka yang lagi menjalani program Diet. Tapi jangan menyerah dulu, ada hal tak terduga yang bisa menyabotase upaya anda dalam berdiet.

Berikut ini adalah alasan yang harus anda ketahui dan mungkin menjadi penyebab program diet gagal anda.


1. Penyebab Program Diet Gagal : Libur Berdiet

Pengalaman membuktikan, orang yang sukses menurunkan berat badan adalah orang yang disiplin menjalani program. Meski ada pesta makan enak, mereka tak tergoda untuk mengatakan, " tak apalah sehari ini makan enak, Besok mulai diet lagi" Sekali anda memberi kesempatan, akan sulit untuk kembali bersiet

2. Penyebab Program Diet Gagal : Banyak mengonsumsi makanan asin

Bukan hanya makanan berlemak dan makanan manis yang perlu anda kurangi, makanan banyak mengandung garam juga perlu diredam. Selain bisa mengakibatkan hipertensi, terlalu banyak garam di dalam tubuh membuat cairan tubuh tertahan Akibatnya, berat badan anda tidak turun-turun

3. Penyebab Program Diet Gagal : Makan Besar di Akhir pekan

Para peneliti telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang umumnya tidak akan menyadari bahwa porsi makanan mereka cenderung lebih banyak di akhir pekan, terutama pada hari sabtu. Orang-orang ini juga lebih mungkin untuk mengkonsumsi makan-makan junk food yang banyak mengundang lemak.

4. Penyebab Program Diet Gagal : Tidak mengonsumsi lemak "baik"

Tidak selamanya makan lemak itu buruk. Mengonsumsi makanan kaya akan lemak tak jenuh seperti kacang, alpukat dan minyak zaitun dapat membantu anda menekan nafsu makan. Lemak"baik" mempunyai tugas penting dalam memicu produksi senyawa dalam usus kecil yang disebut oleoylethanolamide. Senyawa inilah yang akan mengirim sinyal kenyang ke otak sehingga porsi makan anda tetap terjaga. Meski begiru, Anda harus tetap membatasi asupan lemak "baik" kira-kira 2-3 sendok makan(30-45 ml) sehari.

5. Penyebab Program Diet Gagal : Menghindari Susu

Wanita yang mengonsumsi Yoghurt bebas lemak, keju atau susu rendah lemak 3-4 kali sehari mampu mengusir 70% lemak dari tubuhnya. Kalsium dari susu berperan sebagai tombol yang memerintahkan tubuh membakar kelebihan lemak. Minumlah segelas susu bebas lemak saat sarapan, segelas yoghurt rendah lemak di siang hari, dan segelas susu bebas lemak di sore hari

6. Penyebab Program Diet Gagal : Tertipu dengan porsi makan-makanan ringan

Sebuah penelitian di Belanda pada tahun 2008 menunjukkan hubungan antara konsumsi makanan ringan dengan penambahan berat badan. Penelitian tersebut melibatkan 59 siswa yang diberi sembilan kantong kecil keripik kentang (45 g) atau dua kantong besar (200 g) untuk dimakan ketika mereka sedang menonton TV.
"Hasilnya menunjukkan, mereka yang mengonsumsi keripik dari kantong kecil cenderung merasa tidak khawatir karena menganggap porsi yang diambil sedikit hingga, orang-orang cenderung lepas kendali dan tidak memantau sudah berapa banyak mereka makan," jelas Rik Pieters, seorang profesor pemasaran di Tilburg University, yang juga pemimpin penelitian.
penyebab program diet gagal

7. Penyebab Program Diet Gagal : Makan Karbohidrat dalam jumlah yang salah

Mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang moderat dari karbohidrat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Sebuah studio dalam Journal of the American Dietetic Association telah mempelajari pola diet orang kanada yang makan 47-46 persen (290-310 g) kalori per hari dari karbohidrat. Hasil menunjukkan bahwa mereka cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, ketimbang mereka yang mendapat asupan lebih rendah karbohidrat.

8. Penyebab Program Diet Gagal : Kurang gerak

Sambil bekerja, Anda pun bisa sedikit berolahraga, misalnya dengan melakukan peregangan kaki dan tangan. Silang-silangkan atau ayun-ayunkan kaki dan tangan sambil duduk di kursi 2-5 menit setiap selang satu jam. Aktivitas ini mampu memberi tambahan pembakaran energi ketimbang Anda hanya duduk rapi di kursi.

9. Penyebab Program Diet Gagal : Makan tidak di meja makan

Makan sambil menonton teve, membaca buku, atau mengetik di komputer mewmbuat anda tak dapat menikmati makanan, akhirnya, anda mudah tergoda untk mengais sesuatu yang nikmat dikunyah. Kalori yang masuk dalam tubuh pun akhirnya sulit dikendalikan. Agar makanan bisa dinikmati, usahakan selalu makan di meja makan

10. Penyebab Program Diet Gagal : Sering Begadang

Sebuah penelitian di AS menyatakan, kurang tidur akan meningkatkan hormon rasa lapar dan menurunkan hormon rasa kenyang. Studi yang lain menambahkan, orang yang tidurnya kurang dari 4 jam sehari punya peluang menderita obesitas 73% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 7-9 jam per hari.

11. Penyebab Program Diet Gagal : Stres

Setelah program dijalani lebih dari setengah jalan, hal biasa bila penurunan berat badan mulai melambat atau malah jalan di tempat. Melakukan latihan yang sama setiap hari akan membuat tubuh beradaptasi sehingga pembakaran lemak juag menjadi lebih lambat. Bila selama ini anda hanya berjalan kaki, hari berikutnya cobalah berenang, selanjutnya naik sepeda, kemudian sit up atau push up, agar kalori kembali mudah dibakar.

12. Penyebab Program Diet Gagal : Usia sudah 40 tahun atau lebih

Semakin bertambahnya usia, maka semakin sulit pula perjuangan seseorang untuk menurunkan berat badan. " Sering dengan pertambahnya usia, maka kita akan kehilangan massa otot, sehingga metabolisme juga melambat. kondisi akan semakin di perparah jika kita tidak berolahraga setiap hari," kata professor Larry Tucker, ahli olahraga dari Brigham Young University, Utah.

Artikel terkail :

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus