4 Cara Aman Menggunakan Obat

4 Cara Aman Menggunakan Obat

4 Cara Aman Menggunakan Obat
Obat bisa menyembuhkan tetapi bisa pula menjadi racun bagi tubuh kita. Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan tidak dapat digunakan secara sembarangan dan hanya boleh diberikan oleh pihak-pihak yang memang kompeten dibidangnya.


meski ada beberapa jenis obat yang dapat kita konsumsi tanpa resep dokter, tidak berarti bahwa kita dapat menggunakannya secara bebas. perlu diketahui, setiap jenis obat memiliki efek samping yang berbahaya jika dalam penggunaannya tidak sesuai dengan dosis dan aturan yang berlaku.

Untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penggunaan obat yang mungkin berakibat fatal bagi kesehatan kita, berikut ini adalah 4 cara aman menggunakan obat, seperti dikutip situs Caring.com

4 Cara aman menggunakan obat

1. Buat persiapan

Buatlah daftar resep obat, dan suplemen seperti vitamin, mineral, atau herbal yang kita dan keluarga butuhkan. Simpan salinan daftar obat tersebut, dan perbarui secara teratur.

2. Lakukan tinjauan

Setidaknya dalam setahun sekali kita harus melakukan konsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis untuk mendiskusikan jenis obat yang anda konsumsi. Hal ini untuk memastikan tidak ada reaksi berbahaya yang timbul saat mengonsumsi obat yang berbeda secara bersamaan, mendapat dosis yang tepat, memastikan obat tersebut sesuai dengan usia dan kondisi kita.

3. Konsultasi ke Apoteker

Saat membeli obat ke apotek, tidak ada salahnya jika kita menemui Apoteker dan membicarakan tentang manfaat serta efek samping dari obat yang akan kita beli. Sering kali Apoteker lebih mudah memberikan penjelasan kepada kita ketimbang berbicara dengan dokter, karena Apoteker memiliki pengetahuan tentang interaksi obat, sehingga Apoteker bisa menjelaskan kepada kita. Jadi jika kita memiliki kesempatan, tanyakan kepada Apoteker untuk meninjau daftar obat yang diberikan oleh dokter yang akan kita konsumsi nanti demi keamanan.

4. Ketika di rumah sakit, proaktif baik sebelum dan setelah operasi

Sebelum operasi, tanyakan ke dokter apakah ada jenis obat tertentu yang tidak boleh untuk di konsumsi. Setelah itu, ketika dokter dan perawat hendak memberikan kita resep obat, tanyakan kepada mereka (dengan asumsi kita sadar) untuk menjelaskan tentang kegunaan obat yang mereka berikan dan apa efeknya. Jika kita belum sadar dalam jangka waktu lama (pasca operasi), minta bantuan kepada orang terdekat kita untuk melakukan hal tersebut untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar